Artikel GENE KRUPA : Jazz Drumming


Siapakah Gene Krupa ?


Eugene Bertram Krupa (15 Januari 1909 - 16 Oktober 1973) adalah seorang jazz 
Amerika dan drummer band besar, pemimpin band, aktor, dan komposer. Dikenal 
karena gayanya yang sangat energik, flamboyan, dan karena kecakapan memainkannya,
Krupa penting bagi kontribusi musiknya untuk musik jazz dan pengaruhnya 
meluas sampai hari ini.
 
Dramanya solo pada "Sing, Sing, Sing" (1937) mengangkat peran drummer 
sebagai suara solo yang sering digunakan di band, membuatnya menjadi salah 
satu solois perkusi besar pertama.
 
Ia juga dikenal untuk mendefinisikan drum kit standar yang digunakan saat ini 
bekerja sama dengan merek Slingerland dan Zildjian. Krupa dianggap 
"bapak drumset modern" oleh majalah Modern Drummer.
 

Masa Muda Gene Krupa 
 
 


Gene Krupa lahir di Chicago, bungsu dari Anna (nĂ©e Oslowski) dan sembilan 
anak BartĹ‚omiej Krupa. BartĹ‚omiej adalah seorang imigran dari Polandia. 
Anna lahir di Shamokin, Pennsylvania, juga keturunan Polandia. Orang tuanya 
adalah penganut Katolik Roma yang taat dan telah merawat Gene untuk 
imamat. Dia menghabiskan hari-hari sekolahnya di berbagai sekolah paroki. 
Setelah lulus, dia belajar di Sekolah Tinggi Saint Joseph selama setahun, 
tetapi kemudian memutuskan bahwa itu bukan panggilannya.
 
Krupa belajar dengan Sanford A. Moeller dan mulai bermain drum secara 
profesional pada pertengahan 1920-an dengan band-band di Wisconsin. 
Dia menerobos masuk ke dalam adegan Chicago pada tahun 1927, ketika 
dia dipilih oleh MCA untuk menjadi anggota "Thelma Terry and Her Playboys", 
band jazz Amerika pertama yang terkenal - band all-girl kecuali - yang 
dipimpin oleh musisi perempuan. The Playboys adalah band rumah di 
The Golden Pumpkin nightclub di Chicago, dan melakukan tur secara 
ekstensif di seluruh Amerika Serikat bagian timur dan tengah.
 
 
Karir Music Gene Krupa 
 
  
Krupa membuat rekaman pertamanya pada tahun 1927, dengan sebuah 
band di bawah pimpinan Red McKenzie dan gitaris Eddie Condon. Seiring 
dengan rekaman lain oleh musisi dari adegan jazz Chicago seperti Bix Beiderbecke, 
rekaman ini adalah contoh dari jazz gaya Chicago. Angka-angka yang tercatat pada 
sesi itu adalah "China Boy", "Sugar", "Nobody's Sweetheart", dan "Liza". 
Rekaman McKenzie-Condon terkenal karena menjadi contoh awal penggunaan 
drum bass dan snare drum / cymbal pada rekaman, setidaknya untuk studio 
tempat rekaman ini dibuat. Beberapa pengaruh besar Krupa selama masa ini 
adalah Pastor Ildefonse Rapp, Roy Knapp (keduanya guru Gen). Kemudian, 
ada rekaman silinder drum Afrika yang dipelajari Gene. Drumer seperti Tubby Hall, 
Zutty Singleton dan Baby Dodds berkontribusi pada Gene yang mengembangkan 
suaranya sendiri. Press rolls adalah teknik yang cukup umum pada tahap awal 
perkembangan Gene dan, secara gaya, teknik ini, sampai taraf tertentu, terbukti 
di Krupa's bermain dengan baik ke akhir 1940-an dan awal 1950-an. Gen menyerap 
setiap bagian dari apa yang didengarnya dan merumuskan "gaya" sendiri di awal 
kariernya, menarik dari ratusan sumber yang berbeda. Ada banyak drumer lain 
(Ray Bauduc, Chick Webb, George Wettling, Dave Tough) yang karyanya 
mempengaruhi pendekatan Gene terhadap drum dan instrumentalis dan komposer 
lain (Frederick Delius, untuk satu) yang sangat memengaruhi seluruh pendekatan 
Gene terhadap musik.
 
Ketika tahun 1940 berakhir, orkestra besar jatuh di pinggir jalan: Count Basie 
menutup band besarnya dan Woody Herman merendahkannya menjadi oktet. 
Krupa secara bertahap mengurangi ukuran bandnya sendiri pada akhir 1940-an, 
dan dari tahun 1951 ia memimpin trio atau kuartet, sering menampilkan 
multi-instrumentalis Eddie Shu pada tenor sax, klarinet dan harmonika. 
Dia tampil secara teratur di Jazz di konser Philharmonic. Dia membuat penampilan 
cameo di film tahun 1946, Tahun-Tahun Terbaik dari Kehidupan Kita. Gaya drum 
atletiknya, metode waktu dan teknik simbal berevolusi selama dekade ini untuk 
menyesuaikan dengan gaya dan selera yang berubah, tetapi dia tidak pernah 
cukup disesuaikan dengan gaya bebop jazz. Krupa tampil di New York, 1946 
 
 
 

 
 

Komentar